Saturday, December 31, 2016

New Year, Be Better!




“Kaki anak Adam tidaklah bergeser pada hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal; tentang umurnya untuk apa dia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa dia pergunakan, tentang hartanya darimana dia peroleh dan kemana dia infakkan, dan tentang apa yang dia telah lakukan dengan ilmunya”

-  HR. Tirmidzi -



Hadits ini bikin muhasabah dadakan. Inget-inget lagi apa yang selama ini udah dilakuin. Kegiatannya manfaat atau nggak? Berpahala atau nggak?? Jangan-jangan banyak yang mubah dan sia-sia.

Apalagi tahun 2016 akan segera berakhir. Nggak kerasa yaa.. Perasaan baru kemarin suka salah nulis tahun 2016 karena belum terbiasa hehehe. Apa kabar to do list 2016? Sudah terlaksana? Atau lebih banyak yang putar haluan? Hal yang wajar sih. Tapi jangan menyerah yaaa kalo ada yang belum terlaksana.

Sudah banyak yang singgah dan banyak juga yang pergi. Banyak kejadian yang lekat di memori, entah itu kenangan menyenangkan ataupun yang menyedihkan. Itu normal. Begitulah hidup berjalan. Ada baiknya kita muhasabah diri ini agar menjadi manusia yang lebih baik di tahun 2017 nanti. To do list kita tahun 2017 semakin dipenuhi hal-hal yang bermanfaat. Bukan hanya sekedar hal-hal yang mengejar nilai dunia. Tapi juga akhirat.


Kenapa perjuangan itu pahit?
Karena surga itu manis ^^

No comments:

Post a Comment

Manis atau Pahit?

Mendengar kalimat yang sama terus menerus menyebalkan bukan?  Atau nasihat yang lebih terdengar seperti kritik tajam untuk diri ini, terasa ...